PEMASARAN LANGSUNG DAN ONLINE
PEMASARAN LANGSUNG
Apa itu Pemasaran Langsung ?
- Mmerupakan komunikasi langsung dengan
pelanggan individu yang dibidik secara seksama baik untuk memperoleh
tanggapan segera maupun membina hubungan pelanggan yang berlangsung
lama.
- Model bisnis yang langsung ke pelanggan (
direct-to-customers bussines model ).
- Harga wajar untuk kenerja tinggi.
- Kostumisasi.
- Layanan dan dukungan.
- Nilai yang unggul bagi pemegang saham.
- Harga wajar untuk kenerja tinggi.
Apa manfaat-manfaat Pemasaran Langsung ?
Manfaat bagi pembeli :
- Nyaman.
- Akses dan pilihan produk yang lebih besar.
- Interaktif dan segera.
- Memberi akses ke banyak informasi.
Manfaat bagi penjual :
- Merupakan alat yang ampuh untuk pembentukan
hubungan dengan konsumen.
- Dapat ditentukan waktunya agar menjangkau
calon pelanggan pada saat yang paling tepat.
- Menekan biaya dan meningkatkan kecepatan dan
efisiensi.
- Fleksible.
- Medium Global.
Basis Data Pelanggan ( Customer database )
Merupakan kumpulan yang terorganisasi atas data yang menyeluruh tentang pelanggan / calon pelanggan individu, yang meliputi data geografis, demografis psikografis dan perilaku.
Pemasaran berdasarkan Basis Data ( database marketing )
Adalah proses membangun, memelihara dan mengunakan basis data pelanggan dan basis data lain 9 produk, pemasok ) dengan tujuan melakukan kontak dan transaksi dengan pelanggan.
Perusahaan-perusahaan mengunakan Basis data dalam 4 cara :
- Mengidentifikasikan calon pelanggan.
- Memutuskan pelanggan mana yang akan menerima
tawaran khusus.
- Memperdalam kesetiaan pelanggan.
- Mengaktifkan kembali pembelian pelanggan.
Bentuk-bentuk Pemasaran Langsung
- Pemasaran tatap muka.
- Pemasaran jarak jauh.
- Pemasaran melalui surat langsung ( faks,
e-mail, voice mail )
- Pemasaran melalui katalog ( mrpkan Pemasaran
Langsung melalui katalog cetak, video, elektronik yang dikirim
kepada pelangan pilihan; disediakan di took / dipresentasikan secara
online.
- Pemasaran melalui Televisi yang menghasilkan
tanggapan langsung ( direct response television marketing ).
- Pemasangan iklan tanggapan langsung ( direct
response advertising )
- Saluran belanja dari rumah ( home shopping
channel ).
PEMASARAN ONLINE
Pemasaran Online dilakukan memalui system komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik.
Ada2 (dua ) jenis saluran pemasaran online :
- Layanan Online Komersial, Internet
layanan yang menawarkan informasi dan layanan pemasaran online
kepada pelanggan yang membayar biaya bulanan, seperti America
online, Compuserve dan Prodigy.
- Internet, Web global jaringan komputer
yang luas dan berkembang pesat yang tidak mempunyai manajemen dan
kepemilikan sentral.
Pertumbuhan Pemasaran online
Perdagangan elektronik ( E-Commerce ) . adalah istilah umum untuk proses pembelian dan penjualan yang di dukung oleh sarana elektronik.
Konsumen online
Konsumen online adalah penguna internet. Cara melakukan pemasaran online dengan :
- Menciptakan kehadiran online elektronik
Cara
ini bisa dilakukan dengan dua cara yaitu ( 1 ) Membeli ruang
dilayanan online komersial. ( 2 ) Membentuk situs internet sendiri
misalnya dengan Situs Internet Perusahaan ( corporate Web Site
), Situs Internet Pemasaran ( marketing Web Site ).
2.
Menempatkan Iklan Online, merupakan iklan yang muncul ketika para
pelanggan menjelajahi layanan online / situs internet yang mempunyai
papan iklan, jendela timbul tengelam, ticker, roadblock.
- Berpartisipasi dalam forum, kelompok berita
dan masyarakat internet.
- Mengunakan E-mail dan Webcasting, Yang
dimaksud dengan webcasting adalah pen-download-an secara otomatis
informasi-informasi yang diminati yang sudah dikotumisasi ke PC si
penerima yang membuat saluran yang menarik mampu mengirimkan
pemasangan iklan internet / informasi lain.
Peluang dan Tantangan Pemasaran Online
Peluang Pemasaran online adalah menjadi model bisnis yang penuh dan lengkap dengan beberapa perusahaan.
Tantangan pemasaran online :
- Keterpaparan dan pembelian konsumen yang
terbatas.
- Demografis dan psikografis pengusaha menjadi
menyimpang.
- Kekacauan dan kesemrawutan.
- Keamanan.
- Kepedulian etis.
Pemasaran Langsung Terpadu ( integrated direct marketing ).
Merupakan kampanye pemasaran langsung yang mengunakan sarana dan tahap ganda untuk memperbaiki tingkat tanggapan dan laba.
Kebijakan Publik dan Isu Etis dalam Pamasaran Langsung
Gangguan, ketidakjujuran, penipuan dan kecurangan.
Penyerangan Privasi
Refferansi :
Philips Kotler dan Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran, jilid 2, edisi ke-9, Bab 17.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar