Minggu, 04 November 2012

Metode Penelitian



BAB III
 Metode Penelitian

3.1.  Metode Penelitan
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif,maksudnya adalah memusatkan penelitian pada masalah-masalah yang aktual yaitu pada masalah masa sekarang ini. Data diperoleh dikumpulkan,disusun,dijelaskan dan dianalisis.

3.2. Sumber Data

a) Data Primer
Data primer adalah data asli yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti untuk menjawab masalah penelitiannya secara khusus. Dalam hal ini data primer yang diperlukan meliputi data mengenai motivasi (Istijanto,2005:32).

b) Data Sekunder
Data sekunder  data yang telah dikumpulkan pihak lain, bukan oleh peneliti sendiri , untuk tujuan lain.Keberadaan data sekunder tidak dipengaruhi riset yang akan dijalankan peneliti , sebab data tersebut sudah disediakan pihak lain secara berkala atau pada waktu tertentu (Istijanto,2005:27).

3.3  Metode Pengumpulan Data

Observasi
Yaitu pengumpulan data dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung pada Rumah Sakit dan melakukan pencatatan secara cermat dan sistematik.

Wawancara
Yaitu metode yang digunakan untuk memperoleh secara langsung, mendalam , tidak terstruktur , dan individual (Istijanto,2005:38).  

Analisa Korelasi
Untuk mengukur kuat tidaknya korelasi antara variabel X (fasilitas) dan variabel Y (Kinerja),maka dapat mengunakan Korelasi (r) dengan rumus (Sugiyono, 2003: 182) :



r=(n∑xy-(∑x)(∑y))/(√({n∑x^2 )-(∑〖x)〗^2 } {n∑y^2-(〖∑y)〗^2})


Keterangan :

1.      Apabila nilai r hasil positif serta r hasil > r tabel, maka butir atau variabel tersebut valid.
2.      Apabila nilai r hasil negatif dan r hasil < r tabel, maka butir atau variabel tersebut tidak valid.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar