Judul Penelitian
PENGARUH SIKAP TERHADAP
MEREK DAN SIKAP TERHADAP IKLAN PADA MINAT BELI KONSUMEN
Masalah / Tema / Topik
1. Apakah ada pengaruh sikap terhadap merek dan pengaruh
sikap terhadap iklan pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy pada
masyarakat di kecamatan Wonosari , Klaten secara
parsial ?
2. Apakah ada pengaruh sikap terhadap iklan pengaruh dan sikap terhadap
merek pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy
pada masyarakat di kecamatan Wonosari ,
Klaten secara serempak ?
3. Manakah faktor yang lebih dominan pengaruhnya pada minat beli
konsumen produk sabun Lifebuoy pada masyarakat di kecamatan
Wonosari , Klaten?
Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui apakah
ada pengaruh
sikap terhadap merek dan sikap
terhadap iklan pada minat beli konsumen produk sabun
Lifebuoy masyarakat kecamatan
Wonosari secara
parsial.
2. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh sikap terhadap iklan dan sikap
terhadap merek pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy
masyarakat kecamatan Wonosari secara serempak.
Teori-teori yang
digunakan
- Perdagangan
Tidak Sinkron
- Koreksi
Terhadap Bias
- Faktor-faktor
yang mempengaruhi beta saham
Hipotesis
1. Diduga ada pengaruh sikap terhadap merk dan sikap terhadap
iklan pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy di kecamatan Wonosari,
kabupaten Klaten secara parsial.
2. Diduga ada pengaruh sikap
terhadap iklan dan sikap terhadap merek pada
minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy di kecamatan Wonosari,
kabupaten Klaten secara serempak.
3. Diduga Sikap Terhadap Iklan mempunyai pengaruh lebih
besar pada minat beli konsumen pada produk sabun Lifebuoy di kecamatan Wonosari,
kabupaten Klaten
.
Metode-metode Penelitian
Subjek dan Objek
Subyek dan obyek penelitian ini adalah masyarakat di kecamatan
wonosari, kabupaten klaten. yang pernah melihat dan mengetahui paparan
(exposure) iklan televisi dari produk sabun merek Lifebuoy
.
Jenis Data
Penelitian ini
menggunakan data yang bersumber dari data
primer yaitu
data yang diperoleh secara langsung dari responden dan data sekunder dari BPS
tentang data penduduk di kecamatan Wonosari, kabupaten Klaten.
Tehnik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.
Mengingat jenis data yang akan dianalisis kuantitatif, kuesioner menggunakan
skala Likert dengan 5 pilihan yaitu mulai sangat setuju, setuju, netral, tidak
setuju, sangat tidak setuju.
Uji Instrument
Penelitian
A. Uji Validitas
Uji validitas digunakan untuk mengukur sah atau valid tidaknya
penelitian. Uji validitas menggunakan analisis korelasi pearson, keputusan
mengetahui valid tidaknya butir instrumen. Jika pada tingkat signifikan
5% nilai r hitung > r variabel maka dapat disimpulkan bahwa butir
instrumen tersebut valid.
B. Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas untuk mengetahui apakah instrumen memiliki
indeks kepercayaan yang baik jika diujikan berulang. Uji reliabilitas
dalam penelitian ini menggunakan rumus alpha cronbach,
untuk mengetahui tingkat reliabilitas instrumen dari keempat variabel
penelitian jika dari hasil uji reliabilitas instrumen dari keempat variabel penelitian jika
dari hasil uji reliabilitas memberikan nilai alpha > 0,6 (Gozali, 2001).
Analisis/hasil-hasil
A.Uji Validitas
Uji validitas dalam hal
ini bertujuan untuk menguji tingkat ketepatan
instrumen dalam mengukur variabel merk, iklan dan minat beli.
Perhitungan uji validitas instrumen menggunakan
analisis korelasi pearson dengan bantuan computer
program SPSS. Keputusan mengenai butir item yang dinyatakan valid dengan membandingkan
nilai r hitung dengan nilai r tabel, jika r hitung > r tabel maka butir
item dinyatakan valid.Berdasarkan hasil uji validitas instrument dari ketiga variabel yaitu
merk, iklan dan minat beli seperti pada tabel diatas menunjukkan
bahwa dari seluruh butir semuanya valid, karena nilai r hitung
(korelasi) lebih besar dari r tabel.
B. Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas
instrument bertujuan untuk mengetahui besarnya indeks kepercayaan
instrument dari variabel merk, iklan dan minat beli.
Setelah dilakukan uji validitas dan diperoleh butir pernyataan yang
valid,selanjutnya dilakukan uji
reliabilitas dengan menggunakan rumus
Cronbach Alpha. Keputusan untuk mengetahui bahwa instrument adalah
reliable jika nilai r Alpha > 0,6.Dari hasil uji reliabilitas instrument menunjukkan bahwa ketiga
variabel yaitu merk, iklan dan minat beli adalah reliabel karena nilai r Alpha
> 0,6.
Kesimpulan dan
Keterbatatasan
Kesimpulan
1. Variabel independen dalam hal ini adalah Sikap terhadap merk
berpengaruhpada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy di Kecamatan
Wonosari Kabupaten Klaten sehingga hipotesis pertama diterima.
2. Variabel independen dalam hal ini adalah Sikap terhadap iklan
berpengaruh pada minat beli konsumen produk sabun Lifebuoy
di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten sehingga hipotesis kedua
diterima.
3. Variabel independen dalam hal ini adalah Sikap terhadap merk
dan Sikap terhadap iklan secara bersama-sama berpengaruh pada minat
beli konsumen pada produk sabun Lifebuoy di Kecamatan Wonosari,
Kabupaten Klaten sehingga hipotesis ketiga diterima.
4. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,732 atau
sebesar 73,2%. Artinya bahwa 73,2% variasi variabel dependen yaitu minat beli dapat
di jelaskan oleh variabel independen yaitu merk dan iklan sedangkan sisanya
26,8% di jelaskan oleh variabel-variabel lain yang diluar model.
Keterbatasan
1. Penelitian ini hanya terbatas pada sikap terhadap merk
dan sikap terhadap iklan saja, sedangkan masih banyak hal yang dipengaruhi minat beli,
misalnya harga, kualitas produk dan lainnya.
2. Penelitian ini tidak sesuai dengan teori karena
masih ada factor lain yang mempengaruhi minat beli sepert harga dan kualitas yang menyebabkan
merek berpengaruh negatif pada minat beli konsumen.
3. Hanya terbatas pada Kecamatan Wonosari, Kabupaten
Klaten.
Nama Penulis / Tahun
ARFIAN
SUWITO / 2007
B 100 030 170
B 100 030 170
F.EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
SURAKARTA
Sumber Jurnal / URL
http://library.um.ac.idfree-contentssavedocpub.phptor.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar